LMS

 SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SPP-SUPM NEGERI PARIAMAN

          Tahun 1983 Badan Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian (BPLPP) Departemen Pertanian melakukan survey ke Propinsi Sumatera Barat dalam rangka mendirikan Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Negeri. Dari hasil survey ke beberapa Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat , ditetapkan Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokasi “ SEKOLAH “ yang akan didirikan yakni di Desa Toboh Kec. V Koto Kampung Dalam , Kabupaten Padang Pariaman.

         Tahun 1984, BPLPP mengajukan “ Anggaran Pembangunan “ sarana dan prasarana untuk sekolah yang akan didirikan kepada BANK DUNIA “. Proses pembangunan gedung-gedung sekolah dilaksana kan awal tahun 1985 sampai dengan akhir tahun 1986. Pada Tahun Ajaran 1986/1987, SPP Negeri Pariaman memperoleh Anggaran Pembangunan dengan nama : Bagian Proyek Pembinaan Pendidikan Pertanian “. Pada tahun tersebut Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Negeri Pariaman mulai menerima siswa baru dengan Program Studi Penangkapan Ikan (2 lokal). Penerimaan siswa baru ini dilaksanakan di SPP-SPMA Negeri Padang, Adapun tujuan SPP Negeri Pariaman adalah mendidik dan melatih tenaga teknisi menengah pertanian bidang PERIKANAN. Sambil menunggu proses pembangunan gedung selesai dilaksanakan , kegiatan proses belajar mengajar semester pertama tahun ajaran 1986/1987 dilaksanakan di SPP – SPMA Padang. Proses belajar mengajar dikampus yang baru (Kabupaten Padang Pariaman) dimulai pada Semester II tahun ajaran 1986/1987.

          Untuk mengoptimalisasi tugas dan fungsinya Bagian Proyek ini ditingkatkan statusnya menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT). Unit Pelaksana Teknis ini diresmikan secara simbolis oleh Menteri Pertanian (BAPAK Ir.AHMAD AFFANDI) pada tanggal 20 Februari 1988 di Sukamandi dengan nama “ SEKOLAH PERTANIAN PEMBANGUNAN (SPP) NEGERI PARIAMAN “. Tahun Ajaran 1987/1988 SPP Negeri Pariaman menerima murid baru dengan 2 (dua) Program Studi, yaitu Program Studi Penangkapan Ikan (PI) dan Program Studi Mesin Perikanan (MP).

          Mulai tahun ajaran 1988/1989, SPP Negeri Pariaman telah memperoleh Anggaran Rutin untuk menunjang Anggaran Proyek Pembinaan Pendidkan Perikanan Pariaman. Sesuai dengan kebutuhan tenaga teknisi Budidaya Perikanan di masyarakat maka pada tahun 1996/1997 SPP menambah satu Program Studi yaitu Budidaya Perikanan (BP) Pada tanggal 22 September 2000 SPP dialihkan dari Departemen Pertanian ke DEPARTEMEN KELAUTAN DAN PERIKANAN. Terhitung mulai tanggal 18 Mei 2001 sampai dengan sekarang nama UPT dirubah menjadi SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH (SUPM) NEGERI PARIAMAN